Mengetahui Penghitungan Kuda-Kuda ( 1 )

Pada suatu bangunan, atap merupakan salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan pembuatan dan pemasangannya karena fungsi dari atap sangat vital secara keseluruhan. Selain sebagai pelindung  si empunya bangunan dari terik panas matahari dan hujan, atap juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai penambah keindahan tampilan bangunan itu sendiri. Jadi tidak heran jika banyak orang yang menyebutkan bahwa atap adalah mahkota utama suatu bangunan.

Jika di lihat dari material yang di gunakan,  dalam penghitungan pembuatan kuda-kuda saya kelompokkan menjadi 2 cara yaitu :
  1. Tradisional
  2. Modern
Penghitungan tradisional yang saya maksud disini adalah cara menghitung yang di pelajari oleh ahlinya secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Biasanya perhitungan tradisional ini kerap digunakan dalam pembuatan kuda-kuda dengan bahan utamanya kayu dan bambu. Dari perhitungan tradisional ini, di daerah saya sampai muncul istilah atap lanang (laki-laki/lebih curam) dan atap wedok (perempuan/lebih landai).

Sedangkan dalam perhitungan modern, seorang ahli cenderung mendapatkan cara penghitungan pembuatan kuda-kuda dari  hasil belajar disiplin ilmu tertentu. Sehingga dari penghitungan modern tersebut, kita hanya mengenal istilah kemiringan dengan besaran derajat. Penghitungan modern ini biasanya di gunakan dalam pembuatan kuda-kuda dengan bahan material dari baja ringan (galvalume), besi, baja berat (wf), dll.



Namun, sekarang penghitungan modern jauh lebih banyak di minati dari pada penghitungan tradisional oleh para ahli pembuat kuda-kuda (applicant) karena selain mudah dalam pemotongan bahan material juga hasil kuda-kuda lebih presisi.

Dalam tulisan selanjutnya, akan saya jabarkan bagaimana cara penerapan penghitungan secara tradisional dan modern dalam pembuatan kuda-kuda.

Sekian dulu dan semoga tulisan ini ada manfaatnya. Jangan lupa u/ tinggalkan komentar lalu di share yaa... ^_^

Terimakasih atas kunjungannya. Semoga kita selalu tetap dalam lindungan TUHAN YME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.