Menghitung Panjang Diagonal Ruangan

Dalam tulisan saya sebelumnya telah dibahas bagaimana cara untuk mengetahui bentuk suatu ruangan itu simetris atau tidak dengan cara mengukur dan mengetahui besaran derajat sudut ruangan. Untuk lebih jelasnya, silahkan buka disini.
Dalam tulisan kali ini saya akan membagikan cara sederhana yang lain untuk mengetahui apakah ruangan (kamar) itu simetris atau tidak yaitu dengan cara mengukur panjang diagonal ruangan. Jangan lupa untuk siapkan alat utamanya yaitu meteran seandainya anda ingin mempraktekkannya. :-) Tapi sebelumnya saya akan memberikan teorinya dan silahkan di simak dengan seksama.
Dalam suatu ruangan yang bentuknya simetris, bisa di pastikan setiap sudut ruangan tersebut  akan membentuk sudut 90°. Demikian pula besaran sudut yang terbentuk dari tarikan garis diagonal dalam ruangan tersebut akan sama-sama membentuk sudut 90° tp dengan catatan, jika panjang dan lebar ruangan tersebut sama. Bagaimana jika panjang dan lebarnya berbeda? akan saya bahas di akhir tulisan ini.
Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
Ruangan asimetris
Dalam gambar diatas sengaja saya tidak menyertakan besaran derajat sudut pertemuan garis diagonal dan menggantinya dengan X° dan Y° karena bahasan kali ini adalah garis diagonal. Sabar dulu, nanti akan saya kasih alasan yang tepat dan semoga anda terpuaskan dengan alasan yang saya berikan. ^_^
Jika dalam ruangan yang mempunyai panjang dan lebar sama maka besaran sudut X dan Y juga akan sama dan jika bentuk ruangan tersebut simetris maka bisa dipastikan panjang garis diagonalnya pun sama. Sedangkan dalam ruangan yang asimetris (tidak simetris), besaran sudut X dan Y tetap akan sama tapi panjang garis diagonalnya yang berbeda.
Untuk lebih jelasnya mengenai ruangan asimetris dengan panjang dan lebar yang sama, silahkan amati gambar di bawah ini.

Selanjutnya, bagaimana dengan ruangan yang memiliki panjang dan lebar yang berbeda, apakah besaran derajat sudut titik pertemuan garis diagonal juga sama ? Jawabannya tidak sama alias besaran derajat sudut X dan Y akan berbeda. Itulah alasan kenapa saya tidak menuliskan angka tetapi menggantinya dengan X dan Y. Selain lebih mudah untuk di pahami, saya juga tidak mau ruwet-ruwet menghitung besaran sudut titik temu garis diagonal dalam ruangan yang berbeda antara panjang dan lebarnya. ^_^
Kembali ke ruangan berbentuk persegi panjang. Sudah kita ketahui bersama bahwa  dalam ruangan yang berbentuk persegi panjang, derajat sudut X dan Y pasti berbeda besarannya. Akan tetapi dalam ruangan yang simetris, panjang garis diagonalnya pasti akan tetap sama. Dalam ruangan yang asimetris, selain nilai X dan Y tidak sama juga panjang garis diagonalnya berbeda.
Silahkan perhatikan gambar ruangan berbentuk persegi panjang di bawah ini.

Jadi kesimpulan dari tulisan saya kali ini adalah :
1. Dalam ruangan yang simetris, panjang garis diagonalnya sama.
2. Dalam ruangan yang asimetris, panjang garis diagonalnya berbeda / tidak sama.
Selamat mempraktekkan metode sederhana ini untuk menambah wawasan kita bersama. Jikalau menurut anda tulisan ini memberi manfaat meskipun sedikit, di share saja ya biar bisa manfaat juga buat yang lain. ^_^
Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa selalu berdo'a semoga kita selalu dalam lindungan TUHAN YME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.