Mengetahui Derajat Sudut Ruangan (X°)

Pada dasarnya semua bangunan yang simetris akan membentuk ruangan-ruangan (kamar) didalamnya menjadi simetris pula atau dengan kata lain  akan membentuk derajat setiap sudut ruangan menjadi 90°. Terus bagaimana cara kita untuk mengetahui bahwa ruangan (kamar) kita benar-benar simetris ? Ada banyak cara untuk mengetahuinya yang salah satunya akan saya bagikan dengan anda di sini. Tapi sebelumnya saya akan mencoba untuk menarik ingatan anda kembali pada rumus Matematika dasar yang membahas tentang Segitiga atau yang lebih terkenal dengan sebutan dalil phytagoras. Yang mana dalam rumus tersebut, kita bisa mencari dan mengetahui panjang salah, satu sisi segitiga dengan cara menghitung panjang 2 sisi yang sudah diketahui sebelumnya.
Berikut ini gambar dan rumus Segitiga :
Gambar dan Rumus Phytagoras
Selanjutnya mari kita terapkan rumus segitiga tersebut diatas pada sudut ruangan (kamar). Langkah apa saja yang perlu dilakukan. Pertama-tama perbesar angka b² dan c² menjadi 80 dan 60 sehingga akan kita dapatkan nilai a² sebesar 100.

Silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini :

Setelah kita mengetahui ukuran masing-masing dari ketiga sisi segitiga. Selanjutnya ikuti beberapa langkah di bawah ini.
1. Ambil meteran dan pensil.
2. Ukur kedua sisi sudut ruangan 80 cm & 60 cm.
3. Coret masing-masing titik ukuran di no.2.
4. Bentangkan meteran sepanjang 100 cm.
5. Letakkan titik 0 cm & 100 cm di titik ukuran no.2.
6. Lihat hasilnya.

Perlu dicatat, jika hasil pengukuran no.5 tidak persis di titik 100 cm maka bisa dipastikan sudut ruangan yang anda ukur tidak menunjukkan sudut 90°. Itu berarti ruangan (kamar) yang sudah anda ukur tidak simetris.
Silahkan anda lihat perbedaan ruangan yang tidak simetris dan simetris di gambar dibawah ini :

Silahkan anda coba sendiri beberapa langkah diatas pada kamar anda jika anda merasa penasaran apakah kamar yang anda tempati benar-benar simetris atau tidak.

Selamat Mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar anda. Jika anda merasa postingan ini ada manfaatnya meskipun sedikit, saya berharap anda jangan sungkan untuk membagikannya dengan teman-teman anda. ^_^
Terimakasih banyak atas kunjungannya dan jangan lupa pula untuk berdo'a semoga kita selalu dalam lindungan TUHAN YME.

4 komentar:

  1. Kalo memcari derajat hand ralling gimana cara nya

    BalasHapus
  2. Kalo memcari derajat hand ralling gimana cara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di ukur dulu ketinggian hand railling dan panjang datar nya. Setelah ketemu, lalu bagi ketinggian dgn panjang datarnya. Untuk lbh mudahnya, silahkan gunakan kalkulator ilmiah untuk mencari berapa besar derajat kemiringannya.
      Gunakan fungsi arctan/atan/tan^-1 lalu masukkan hasil pembagian dari tinggi hand railling : panjang datar.
      Misal: hasil pembagian 0.577350269. Maka Arctan (0.577350269) = 30°
      Selamat mencoba, semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  3. hitung lebar anak tangganya dan tingginya.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.